Jumat, 08 Desember 2017

PERENCANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PERENCANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
A. Perencanaan pengelolaan Kelas
Perencanaan pengelolaan kelas meliputi penataan ruangan dan pengorganisasian peserta didik sesuai dengan kebutuhan. Untuk kepentingan tersebut, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pengelolaan kelas adalah sebagai berikut.
1. penataan sarana dan prasarana ruangan harus disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
2. pengelompokan meja dan kursi disesuaikan dengan kebutuhan sehingga setiap anak memiliki ruang gerak yang lebih leluasa. Susunan meja kursi dapat berubah-ubah dan dalam pembelajaran, anak tidak selalu duduk di kursi, tetapi dpaat juga duduk di tikar/karpet.
Dinding kelas dapat digunakan untuk menempelkan sarana yang dipergunakan sebagai sumber belajar dan hasil kegiatan anak, tetapi jangan terlalu banyak sehingga dapat mengganggu dan mengalihkan perhatian.
4. peletakan dan penyimpanan alat bermain diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya sehingga dapat melatih anak untuk pembiasaan yang ingin dicapai seperti kemandirian, tanggung jawab,membuat keputusan dan mengatur peralatan.
5. alat bermain untuk kegiatan pengaman diatur dalam ruangan sehingga dapat berfungsi apabila diperlukan oleh peserta didik.

B. pengembangan program semester
Program semester merupakan rancangan pembelajaran yang berisi jaringan tema, bidang pengembanga, tingkat pencapaian perkembangan, indikator yang ditata secaraurut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringaan tema dan sebenarnya ke dalam tiap semester.
1. kurikulum, yakni pedoman pengembangan program pembelajaran.
Dokumen standar isi, (permen nomor 58  tentang standar isi).
Memilih tema yang akan digunakan untuk setiap kelompok dalam setiap semester dan menetapkan alokasi waktu untuk setiap tema dengan memperhatikan ruang lingkup dan urutannya, serta jumlah minggu efektif.
Mengidentifikasi tema dan sub tema
Menganalisa subtema ke dalam berbagai kegiatan
Tema-tema yang dipilih dan hasil identifikasi tema menjadi subtema dapat dibuat dalam bentuk tabel pada setiap awal tahun ajaran.
Memilih dan menetapka tema
Tema Tahun Ajaran :
PAUD :
Kelompok :
Tema Semester I
No
Tema
Alokasi Waktu (Minggu)
Keterangan
1
Diri Sendiri
4 Minggu

2
Lingkunganku
4 Minggu

3
Tanah Airku
3 Minggu

4
Amalan Ramadan
2 Minggu

5
Kebutuhanku
5 Minggu


Tema Semester 2
No
Tema
Alokasi Waktu (Minggu)
Keterangan
1
Rekreasi
4 Minggu

2
Binatang
2 Minggu

3
Tanaman
2 Minggu

4
Pekerjaan
3 Minggu

5
Air, Udara dan api
2 Minggu

6
Alat Komunikasi
2 Minggu

7
Alam Semesta
3 Minggu


Berdasarkan tema tersebut, selanjutnya dikembangkan program semester dengan format Sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar